Senin, September 15, 2014

Review Album : Kekal - Beyond the Glimpse of Dreams [Re-Release] (2014)

Berbicara mengenai Avant-Grade kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu band avant-grade yang bisa dibilang 'Legend' di indonesia. Mereka sudah sukses membawa harum indonesia ke kanca international dengan musikalitas yang mereka sajikan dengan sangat profesional. iya, tidak lain dan tidak bukan mereka adalah KEKAL. Band yang sukses menorehkan 9 lagu dan disibukkan untuk proses penyelesaian album ke sepuluh mereka dengan title album "Multilateral". album Multilateral rencananya bakal diluncurkan tahun 2015 mendatang bertepatan dengan 20 tahun Kekal berdiri sebagai musisi bendera hitam di tanah air ini.

First album "Beyond the Glimpse of Dreams" adalah buah karya pertama debut full album Kekal di tahun 1998 tersebut menjadi album avant-grade yang dicampuri bumbu black metal serta female vocal like a gothic membuat album Beyond The Glimpse of Dreams semakin wah. Sangat wajar ketika gw menobatkan album ini menjadi album tersukses bagi Kekal karena hanya album ini yang dirilis hingga 4 kali oleh label yang berbeda dengan 2 format, yaitu 3 kali format cd dan 1 kali format Cassette pada tahun 1998 oleh THT Production label pertama yang merilis album tersebut. Tepat 2014 ini Label yang mengurusi musik - musik black metal tanah air "Persetan Records" berhasil mencetak ulang album Beyond The Glimpse of Dreams. Dalam rilisan persetan records ini Kekal masih mempertahankan sound - sound yang mereka buat pada 1997 itu namun hanya ada sedikit perubahan pada cover art dan penambahan beberapa lagu demo 1996 "Contra Spiritualia Nequitiae". 

Diawali dengan track 'rotting youth' Kekal sukses membisingkan telinga gw dengan beat-beat gitar black metal yang dilakukan leo dan jefry serta vokal hary yang kental dengan nuansa norwegian black metal di awal lagu. 'Armageddon' salah satu lagu dimana kekal berhasil menyisipkan female vocal di dalamnya untuk menambah kemantapan ditengah-tengah lagu. next song 'Spirits' bakal menjadi semangat gw mendengarkan 15 lagu dalam album ini, dimulai dengan dengan nada sederhana petikan gitar nuansa syahdu menyita pendengaran gw menyelesaikan lagu yang sarat nuansa black metal dan gothic ini. well, secara garis besar lagu - lagu yang dikemas dengan mengkombinasikan female vocal di lagu 'Armageddon', 'The Conversion', dan 'My Eternal Lover' serta dibantu sang keybordis habil keseluruhan lagu beyond the glimpse of dreams semakin menjadi sempurna. one again, in the track 10 gw berasa dibawa ke alam tidur karena lagu tersebut sangat kental dengan nuansa gothic horror seperti sarasvati. Karateristik female vocal di lagu My Eternal Lover memberikan nuansa kelam nan mistis dengan nada - nada sopran yang dia keluarkan. Hal yang menjadikan rilisan persetan records lebih berbeda dari rilisan label lainnya adalah dalam re-release ini Persetan records menyisipkan 6 lagu bonus meski yang dapat diputar di cd hanya 5 karena keterbatasan kapasitas kaset cd yang ada. lagu - lagu bonus tersebut adalah dari demo 1996 miliknya kekal bertajuk "Contra Spiritualia Nequitiae" seperti Contra Spiritualia Nequitiae 1 hingga 4 dan Rotting Youth sukses disisipkan dalam re-release ini. meski sound - soundnya kurang nendang seperti di 10 lagu sebelumnya, but all not bad. Dari Segi cover art sendiri Kekal menggunakan karya tangan sang master artwork dunia bernama William Blake dengan tema "Job's Evil Dreams". harapan gw semoga rilisan ulang ini dapat menorehkan kembali sejarah kekal yang telah menjual 5000 keping cd dalam waktu 4 tahun terhitung sejak 1998 hingga 2002.

Label : Persetan Records
Rilisan Ke : 004
Format : CD
Review Score : 10/10

Track List
1. Rotting Youth
2. Armageddon
3. Spirits
4. Deceived Minds
5. The Conversion
6. Behind Those Images
7. Reality
8. Escaping Eternal Suffering
9. A Day the Hatred Dies
10. My Eternal Lover
11. Contra Spiritualia Nequitiae Act I
12. Contra Spiritualia Nequitiae Act II
13. Contra Spiritualia Nequitiae Act III
14. Contra Spiritualia Nequitiae Act IV
15. Rotting Youth (1996 demo version)
16. My Eternal Lover (1996 demo version)

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search