Kamis, Januari 15, 2015

Review Album : Warkvlt - Merdeka

Jika kalian mengenal Black metal identic dengan nuansa anti chris, pemujaan setan, bahkan sampai berimbas ke manusia yang atheis. Paradigma pembodohan seperti itu akan Warkvlt tepis dengan sebuah karya yang jauh dari nama-nama pemujaan setan ataupun yang menyesatkan. MERDEKA.. mendengar kata tersebut saya langsung terfokus pada satu pemikiran yaitu yaitu menang dan berjuang. Quartet black metal asal bandung yang diprakarsai oleh The Abyss (Bass), Abah Desecrator (Guitars), Sigit Abaddon (Vocals), dan Riyan Blasphemy (Drums) ini akan mengemas music black metal dalam nuansa perperangan. 10 track mereka sajikan dalam satu cd album dengan title Merdeka dan berdurasi sekitar 34 menit.

Pembacaan teks proklamasi oleh soekarno menjadi awal pembukaan sebuah kemerdekaan di lagu pertama yang berjudul “Merdeka”. Beat-beat cepat dari setiap komponen masih mendominasi setiap detik lagu merdeka, artikulasi yang masih jelas pada pengucapan lirik menjadi nilai lebih bagi band ini. Sedikit calm down diawal bersama “Maju, Serbu, Serang, Hancurkan” yang dicampuri backsound penembakan. Lepas dari sedikit pemanasan tadi, sang lead guitar langsung menghentakkan guitarnya dengan sound-sound kejam bersama bumbu melodius beberapa bar dan diakhir dengan backsound merdeka atau mati.. di lagu ketiga ini tanpa basa – basi warkvlt memberikan komando kepada riyan untuk memulai permainan “Kibar bendera segumpal darah (Palagan Ambarawa)” sebuah track yang mencampurkan music black metal nuansa cepat dengan riff-riff guitar melodic, this is so fvcking awesome aransement and so catchy for listen. Masih berkutat pada aransemen guitar yang mencampurkan blasting drum cepat bersama guitar melodic dari lead guitar mengawali track “Untuk Negeriku (Puputan Margarana)” meski dipertengahan lagu pengucapan lirik agak cepat tapi tidak mengurangi rasa kenikmatan saya mendengarkan materi-materi warkvlt yang sangat kelam ini. Masih pada nuansa perang, dalam track “warkvlt” mereka masih mempertahankan ciri khas mereka yang selalu menempatkan nada-nada melodius. Sekali merdeka tetap merdeka merdeka merdeka buat selama-lamanya, itu sepenggelan intro dari lagu “Memerah Di atas Darah Perjuangan”. Lead guitar dari heri betton unjuk taring kembali ditengah – tengah track ke enam ini dengan nuansa melodi yang cukup easy listening. Track ke tujuh ini warkvlt tidak lupa menempatkan intro dari mana mereka berasal, yaitu ranah sunda. Intro kembang gedung dari samba sunda mengawali track “soldier of pajajaran”. Menuju klimaks dalam album merdeka, warkvlt akan mengcover salah satu legion black metal asal Madura yaitu Rajam dengan judul “Ratakan Dengan Tanah” yang diambil dari album 350 milik rajam. Inilah klimaks dari album warkvlt – Merdeka, mereka memainkan salah satu lagu kebangsaan Indonesia yang berjudul “Tanah Airku” karya ibu sud yang dikemas dalam naunsa calm dengan durasi 1 menit.

Tadi sedikit review saya mengenai album penuh warkvlt dengan title “Merdeka” yang akan dirilis oleh Persetan Records tanggal 25 januari 2015 nanti. Aransemen black metal modern dengan riff-riff gitar melodius serta artikulasi vocal yang jelas dan blasting drum cepat mewarnai setiap lagu dalam album merdeka ini. Tidak lupa pula backsound – backsound bertemakan perang dunia ke dua mengawali beberapa track di album tersebut. Sound - sound yang cukup nendang dan catchy serta Cover art karya jenglot hitam sangat mewarnai tema yang dipilih oleh warkvlt, spesialis artwork black metal tersebut sukses menambah nilai kemegahan album merdeka milik warkvlt. Don’t forget I wanna say to thanks for abah yang sudah memberikan kepercayaan kepada pasukan jihad webzine untuk mengulas album merdeka ini. Hails warkvlt..!!! and don’t forget buy original cd if you really support indie music in underground way.

Band : Warkvlt
Album : Merdeka
Music : Black Metal
Asal : Bandung
Label : Persetan Records
Code Cd : AngkerCD006
Rate : 9/10

Track List
1. Merdeka
2. Maju, Serbu, Serang, Hancurkan
3. Kibaran Bendera Segumpal Darah (Palagan Ambarawa)
4. Untuk Negeriku (Puputan Margarana)
5. Warkvlt
6. Memerah di Atas Darah Perjuangan
7. Soldiers of Pajajaran
8. Nusantara Jaya
9. Ratakan Dengan Tanah (Rajam cover)
10. Tanah Airku


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search