Senin, Februari 16, 2015

Band Review : Fasiq

FASIQ berdiri pada tanggal 13 Mei 1998. FASIQ didirikan oleh pelajar yang kebetulan semuanya bersekolah pada kelas dan sekolah yang sama yaitu SMU Negeri 74, Jakarta Selatan. Sebelum nama band berubah menjadi FASIQ awalnya nama band ini adalah OSIS yang artinya Organisation Suffer In School yang memang semua dari pelajar ini tidak menyukai organisasi sekolah dan hanya menyenangi kegiatan ekstrakulikuker di luar OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah ). Nama OSIS kemudian berubah nama menjadi ANTI OSIS karena kesalahan salah satu personil menuliskan nama band ketika registrasi denga mencoret nama OSIS. Setelah itu nama OSIS berubah menjadi ANTI OSIS. Karena mendapatkan protes dari wakil kepala sekolah nama ANTI OSIS berubah menjadi FASIQ yang diambil dari bacaan buletin dakwah shalat Jum'at yang menceritakan tentang binatang-binatang yang dibenci dalam Alquran dan tentang kefasiqan manusia. Setelah berembuk satu sama lain maka pada tahun 1999 nama ANTI OSIS berubah menjadi FASIQ. 

Formasi awal FASIQ adalah Wira Julianto ( Bass/ Vocal ), Fajar Arifianto (Lead Guitar), Rafqi Irfan (Rhythm Guitar), Heru Kristianto (Drum) musik FASIQ ketika banyak terpengaruh oleh band-band metal luar dan dalam negeri seperti Napalm Death, Sepultura, Metallica, Soulfly, Suffocation, Cryptopsy, Tengkorak, Purgatory, Betrayer dll. Karena khawatir tidak fokus antara vocal dan bass maka ditambah personil baru yaitu Bedoel ( Danuri ) untuk posisi Bass. FASIQ tahun 1999 – 2000 sendiri cukup rajin mengikuti festival-festival musik underground di Jakarta dan sekitarnya walaupun hanya sampai pada tahap audisi. Pada tahun 1999 formasi band berubah Irfan yang awalnya bermain rhythm gitar berganti posisi dengan Heru yang bermain drum. Formasi terakhir FASIQ pada tahun 1999 – 2000 adalah Wira ( Vocal ), Fajar ( Lead Guitar ), Danuri ( Bass ), Heru ( Rhythm Guitar ) dan Irfan ( Drum ). Setelah lulus SMU pada tahun 2000 personil FASIQ terpencar karena memang kesibukan kuliah dan kerja. Wira melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Fajar melanjutkan kuliah di Jaya Baya mengambil jurusan Hukum Internasional, Danuri melanjutkan kuliah di Univrsitas Parahyangan Bandung, sementara Irfan dan Heru bekerja.

Tahun 2000 FASIQ mencari personil baru agar band ini terus berjalan dan formasi FASIQ kembali berubah Wira yang awalnya hanya vocal mendapatkan posisi baru menjadi vocal/guitar. Muhammad Yusuf ( Guitar ), Dimas ( Bass ) dan posisi drum masih belum ada, sempat digantikan oleh Ade tetapi tidak bertahan lama. Karena pencarian drumer yang sangat lama dari tahun 2000 sampai sekitar tahun 2002 FASIQ menemukan drumer baru yaitu Georgio dan Wanda yang sama-sama kuliah di Universitas Pancasila jurusan hukum. Tahun 2002 FASIQ kembali manggung kembali di putaran Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum Universitas Pancasila.
Pada tahun yang sama ( 2002 ) FASIQ harus merelakan Georgio dan Wanda untuk melepaskan posisi drum karena kesibukan Georgio dalam bidang fotografi dan Wanda sibuk pada band hard corenya. Tahun 2002 – 2003 masa vakum FASIQ karena satu persatu personil meninggalkan band sehingga hanya Wira dan Yusuf yang tersisa. Pada tahun 2004 FASIQ memutuskan untuk vakum karena kesibukan kuliah para personilnya.

Vakum yang cukup lama karena Yusuf ( kabarnya bekerja di Singapura ), Georgio ( melanjutkan studi di Belanda ) dan Wira sibuk bekerja pada Bank Swasta. Tapi FASIQ tetap membuat lagu-lagu baru yang memang dipersiapkan untuk manggung dan rekaman. Tahun 2010 FASIQ berinisiatif untuk mencari personil baru untuk berkiprah kembali dalam musik metal khususnya Thrash Metal dan menemukan gitaris baru yaitu Biyondi Noya (Gitaris Van Java). Ondi ( Biyondi Noya ) sempat membantu FASIQ untuk rekaman dan dibantu juga oleh Karis ( guitar ). 10 Lagu yang sudah direkam terpaksa tidak dipakai karena FASIQ banyak merubah aransemen pada lagu tersebut. Setelah merubah aransemen pada lagu-lagu yang telah direkam FASIQ kemudian merekrut gitaris baru bernama Rohim unt

Member :
Wira Julianto (Vocal/Guitar), Hunter Metalcore (Drum), Dave (Additional)

Source :
Facebook : FASIQ
Twitter : @Fasiq_Ina
Reverbnation : FASIQ


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search