Senin, Maret 02, 2015

Review Album : Criminology - Capitalist Destroyer

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya bahwa bulan februari kemarin merupakan bulan dahsyat dimana banyak band – band sadis Indonesia meluncurkan debut album penuh ataupun mini album. Deathfans records sub-label dari disembowel ini juga melahirkan bibit baru bernama Criminology dengan title album Capitalist Destroyer. Debut album tersebut merupakan rilisa ke 3 dari Deathfans label yang bermarkas di bekasi tersebut. 8 track dengan intro dan outro siap mematikan urat syarat metalhead yang mendengarkan karya kejam dari band yang digawangi oleh Tantan (Vocal), Asep (Bass), Angga (Drum), dan Ridwan (Guitar) ini. Durasi 23 menit sepertinya cukup untuk membakar atmospir ketika dari track awal sampai akhir didengarkan. 

Track awal seperti yang saya jelaskan diatas bahwa akan terdapat intro, yeah track list awal diawali intro yang dimulai dengan lantunan dark piano dilanjutkan teknik guitar djent kental terasa di intro tersebut. Its time to war, suara peperangan dihiasi suara sirine menjadi sambutan keji track kedua yang berjudul Justice and war ini dimulai. Hyperblasting nan cepat dilumuri vocal guttural menghiasi part-part track ini, jelang penghabisan di lagu ini mereka sedikit menyelipkan beat-beat low untuk berheadbang. Tanpa basa basi sampah blasting mematikan dari angga langsung terdengar di detik awal track capitalist destroyer. Masih seperti aransemen awal yang mengedepankan blasting cepat serta riff-riff gitar yang menyeimbangi dengan aroma sedikit groovy ala bandung brutal death metal sedikit diselipkan di track singgasana para pecundang. Materi ke empat agak sedikit lebih berbeda dari sebelumnya dalam Mati sekarat ini teknik guitar ridwan menyelipkan beat-beat djent. Bandung menjadi tempat lahirnya band ini maka pada track ke enam yang berjudul hitam-putih dalam liriknya yang penuh akan tentang kota bandung tergambar jelas dari kata per kata. Bumbu-bumbu permainan groovy seperti pada lagu singgasana para pecundang, dalam track Sia Siga Ciduh Jeng Rehak criminology kembali menyelipkan aransemen groovy untuk sejenak berheadbang setelah dihantam kecepatan yang menggila.

Secara keseluruhan irama-irama blasting drum yang cepat namun tetap stabil tergambarkan dari setiap aransemen lagu yang diciptakan, permainan groovy juga ditempatkan ke beberapa track dan dengan vocal guttural yang siap mencabik-cabik telinga kalian. Hampir semua dalam album capitalist destroyer ini mereka tulis dalam bahasa Indonesia, barat dan 1 bahasa sunda sebagai bentuk apresiasi kecintaan mereka terhadap bahasa daerah. Artwork karya bvllart sangat menggambarkan sesuai tema dari album ini yaitu menghancurkan kaum kapitalis yang masih meraja rela di tanah Indonesia ini.

Band : Criminology
Album : Capitalist Destroyer
Asal : Bandung
Label : Deathfans Records
Rate : 8.5/10

Track List
1. Intro 
2. Justice and War 
3. Capitalist Destroyer 
4. Singgasana Para Pecundang 
5. Mati Berkarat 
6. Hitam Putih [B - U] 
7. Sia Siga Ciduh Jeung Reuhak 
8. Outro

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search