Minggu, Maret 29, 2015

Review Album Rottenomicon - R.A.P.B.N

Penantian para kawan-kawan rottenomicon baik itu pelaku seni, kolektor, penikmat musik, ataupun pengamat musik ini adalah jawaban yang selama ini selalu ditunggu kawan – kawan, akhirnya debut album penuh perdana dari one of monster death metal malang lahirkan anak pertama bernama Renunciation The Anatomic Perverse To Beheading The Nation atau disingkat R.A.P.B.N but wait this is not about political bastard, this is about musick. Pasca lahirnya album ini, rottenomicon harus rela melepaskan salah satu keluarga besar mereka jefry yang biasa disapa jejedeath atas inside kecelakaan sampai-sampai tidak bisa ditolong lagi nyawanya. Kejadian tersebut merupakan tamparan berat bagi band karna alm. merupakan sosok yang menginspirasi bagi personil rottenomicon. Semoga saja arwah beliau tenang disisi Tuhan Yang Maha Esa, Amin.. 

Perlahan – lahan saya akan sedikit mengulas album perdana rottenomicon yang sangat catchy and epic mulai dari komposisi musikalitas, artwork, dan liriknya. Nada petikan gitar akustik yang merdu oleh tangan ayok screaming factor mengiri sajak puisi karya Taufik Ismail berjudul kami muak dan bosan yang dibacakan kembali oleh vokalis dari band Anorma yaitu Sigit Priyo Utomo, 40 detik selang pembacaan puisi aroma-aroma jahat death metal langsung menerjang telinga nada vokal growl dilapisi vokal scream pada lagu “In Gardening The Disease” jadi jawaban track pertama tanpa basa basi langsung menghajar habis-habisan. Belum cukup sampai disini, “Devouring Uncontrolled Social”  masih jadi bagian yang patut dinikamti, riff-riff gitar berat dengan nada-nada ketukan drum yang tidak monoton serta tidak lupa backing vocal sigit anorma diselipkan, jelang menit ke 2 alunan distorsi untuk berheadbang semakin menjadi-jadi di materi kedua ini. Track ketiga ada “Againts The Grain” blasting cepat nan stabil dibumbui sedikit racikan melodi gitar dari jefry terisi dilagu tersebut. Intonasi vocal growl yang tinggi dikombinasikan vocal sigit terdengar jelas di detik-detik awal track “Dominus Flevit (Bangsa Bangsat)”, sesuai dengan judul track yang tertera lagu ini sangat bangsat sekali dengan riff-riff gitar jefry yang sangat pintar pengolahan nada-nadanya and they will say hancurkan bangsa bangsat with high volume menutupi track ke empat tersebut. Melodi sederhana dengan nuansa penuh keindahan terdengar sangat nikmat dihayati pada pertengahan track “Infectious Perceptions”. Hawa-hawa kelam nan horor menyelimuti detik awal “Stench For Enrichment” sebagai intro sebelum mereka melibas telinga saya dengan materi yang super kejam dan megah. Drummer beringas rottenomicon adi mengambil alih untuk mengawali permainan pada track “Losesdupicia” sekitar 7 detik dilanjutkan ketukan cepat masih mendominasi sampai menit ke dua aroma-aroma tempo down dipilih untuk sejenak berheadbang setelah liar dengan atmospir cepat dan membunuh telinga. Lagu penutup album perdana ini diakhiri dengan “Rotten solid brain” milik legenda death metal malang rotten corpse yang diaransemen oleh adyth Nugraha, but this is not rotten corpse, its real rottenomicon taste. Melodi gitar yang kejam di detik detik akhir track tersebut menjadi klimaks dalam album r.a.p.b.n . Track terakhir yang berjudul “Koalisi adalah sekutu” merupakan lagu bekerdja yang ada di youtube, outro tersebut jadi bagian puncak keganasan 10 lagu berbahaya, liar, ganas, dan mengerikan dari monster death metal malang yang sukses dilahirkan oleh brutal infection records.

Kualitas sound maksimal dengan aransemen part by part dari semua track terdengar sempurna, ini bukan melebih-lebihkan melainkan sebuah penilaian dari kuping saya pribadi. Sebuah kerja keras yang terbayar lunas dan hasil yang memuaskan terekam jejaknya melalui Renunciation The Anatomic Perverse To Beheading The Nation berkat kerja sama dengan kawan-kawan diluar rottenomicon seperti ayok “screaming factor”, Sigit Priyo Utomo “Anorma”, Anton Vlad “Delirium Carnage”, Adyth Nugraha “Rotten corpse” turut andil bagian mensukseskan karya yang luar biasa ini. Cover art megah nan epic yang menggambarkan iconnya burung garuda dengan memegang bendera merah putih disayap kiri serta api yang keluar dari mulut sang garuda sangat jelas menggambarkan bahwa garuda tersebut sebagai rakyat yang marah akan negeri ini dan gambaran pemerintah sedang memakan daging tersebut menafsirkan icon pemerintahan kita yang selalu lapar dan tidak pernah puas memakan hak rakyat, artworker aditya wardana menjadi pelaku cover art R.A.P.B.N terlihat megah dan mampu menjadi daya pikat sendiri sebelum mendengarkan isi dalam cdnya. Sebagai bahan pertimbangan kalian jika tidak puas mengenai hasil review ini, bisa dengarkan kan langsung preview satu lagu milik rottenomicon dibawah ini. this is only review, review yang sebenar-benarnya adalah ada ditelinga pendengar masing-masing. review diatas hanya sebagai gambaran sedikit saya sebagai penikmat musik bukan sebagai pengamat musik. DONT FORGET BUY ORIGINAL CD ALBUM..!!! Only Physical Records Is Real Support...

Band : Rottenomicon
Album : Renunciation The Anatomic Perverse To Beheading The Nation
Musik : Death Metal
Asal : Malang, East Java
Label : Brutal Infection Records, West Jakarta.
Code : BIRCD-10-2015
Rate : 10/10

Track List
1. In Gardening The Disease
2. Devouring Uncontrolled Social Tentacles
3. Againts The Grain
4. Dominus Flevit (Bangsa Bangsat)
5. Infectious Perceptions
6. Stench For Enrichment
7. Enigmazation In Cadavering The Ideology
8. Losesdupicia
9. Greygrind & Loathe
10. Rotten Solid Brain (Rotten Corpse Cover)
11. Koalisi Adalah Sekutu (Outro)

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search