Sabtu, April 25, 2015

Review Album : Suffergrind - Membunuh Dibunuh Terbunuh

Jawaban atas penantian selama kurang lebih 18 tahun terjawab sudah lewat sebuah karya yang dikemas dalam kepingan cd sebagai bentuk nyata karya dari band, suffergrind mengawali karir bermusik brutal death metal sejak 1997 silam namun selama perjalanan hingga saat ini banyak kendala yang dihadapi mulai pergantian personil hingga vakum sementara beberapa tahun sampai akhirnya di 2015 ini mereka mempublikasikan karya-karya jahat mereka lewat mini album bertajuk “Membunuh, Dibunuh, Terbunuh” yang dirilis oleh BrutalMind records pada maret kemarin. Meski hanya sekedar mini album atau EP, ini bisa menjadi langkah awal bagus menurut saya untuk melanjutkan ke debut album penuh perdana suffergrind bersama amunisi anyar mereka yaitu Bebenton (Vocal), Valentinus (Bass), Acen (Drum), dan Hendro widodo (Guitar). Mini album ini bermuatkan 6 track termasuk 5 lagu + 1 Intro didalamnya, so lets kill your ears with brutality sickness song from suffergrind.

Seperti album – album pada umumnya, intro atau sambutan sebelum mendengarkan materi selanjutnya disuguhkan melalui track pertama ini. “Intro” dengan nada-nada scoring yang biasa digunakan pada trailer atau ending film ini bakal kalian nikmati selama 1 setengah menit sebelum pembantaian berdarah-darah lewat “Bunuh Kamu Sekarang”. Kebrutalan tanpa basa – basi langsung membunuh saya lewat track kedua milik suffergrind, hyperblasting ganas milik acen dibaluti teknik guttural bebenton yang perfect disambut beberapa beat-beat melodi ditengah track ini and groove style with down tempo membawa kepala saya tanpa sadar headbang seketika dan seperti biasa aroma brutal berujung pendarahan dikepala mengakhiri track kedua ini. Penggalan cuplikan film gore mengawali detik mematikan sebelum dibantai habis-habisan telinga saya lewat gempuran brutal bertubi-tubi di lagu “Kamu Pasti Mati”. Hyperblasting semakin rapat beberapa detik terasa, racikan melodi-melodi menghipnotis pendengeran saya di menit ke 2. Hajar otak dan telinga penuh dendam tercurahkan melalui aransemen menakutkan “Dendam Berkarat”, track ini bisa saya gambarkan bahwa puncak dendam suffergrind balaskan bersama part-part hyperblast drum mengoyak daging, riff-riff gitar cepat diselingi teknik-teknik gitar yang bikin adem ditelinga sebelum akhirnya blasting sangat rapat menutupi track ke empat tersebut. Aroma brutal death dikombinasikan beberapa style groovy masih melekat ditelinga saya bahkan untuk ditrack “Memutus Nyawa”, tidak banyak kejutan terjadi sangat komposisi blasting sadis dan melodi gitar hendro disini semakin liar. The last song suffergrind ingin membuat detak jantung saya berdebar-debar bersama “Membunuh atau Dibunuh”, jika dideskripsikan baik-baik track terakhir ini masih memikat pendengaran saya lewat aransemennya seperti beberapa lagu sebelumnya and tanpa saya jelaskan lagi hyperblast, guttural vocal sickness from benton, part-part melodi gitar hendro masih kental terasa.

Secara keseluruhan lagu – lagu dalam mini album ini suffergrind lebih fresh meski bukan band baru lahir kemarin, tapi untuk segi permainan mereka sangat sadis dan berbahaya sekali. Komposisi Guttural sickness vocal dicampuri groove style and beberapa melodic guitar semakin membrutalkan materi-materi suffergrind di mini album tersebut. Walau sejujurnya saya belum puas menikmatinya karena bagi saya belum cukup jika hanya mini album dan berharap akan mendengarkan materi mereka selanjutnya secepatnya, karena karya mereka selanjutnya sangat diantisipasikan sekali dan tema-tema brutal tentang kematian, pembunuhan tercurahkan lewat lirik-lirik dalam ep ini. Cover art mini album suffergrind ini dikerjakan oleh bloody art vomit dan untuk layoutnya dikerjakan oleh bagoez from reduced. Untuk segi mixing and mastering sendiri suffergrind menyerahkan urusan kualitas good sound kepada januaryo “Insidious Soundlab”. and dont forget i will say thanks for brutal mind records, this is awesome material for ep brutal death metal era from old band.

Band : Suffergrind
Album : Membunuh, Dibunuh, Terbunuh
Asal : Pekanbaru
Label : Brutal Mind Record
Code : BM007
Rate : 8.5/10

Track List
1. Intro
2. Bunuh Kamu Sekarang
3. Kamu Pasti Mati
4. Dendam Berkarat
5. Memutus Nyawa
6. Membunuh Atau Dibunuh

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search