Rabu, Mei 13, 2015

Review Album : Trojan - Archaic Dimension

Trojan armada death metal asal pulau dewata bali ini menampakkan diri mereka setelah terdiam cukup lama menghasilkan album, kini perubahan yang cukup signifikan dirasakan di diri mereka. Pergantian personil membuat aroma trojan tidak seperti di album pertama mereka Metamorphosis As The Phenomenon, akan tetapi perubahan tersebut tidak membuat antusiasme metalhead di indonesia menyingkirkan nama band dari bali itu justru rasa penasaran bagaimana trojan saat ini menjadi magnet tersendiri bagi para metalhead ataupun kolektor rilisan fisik tanah air. Dan di 2015 ini trojan menelurkan debut album penuh kedua bertajuk archaic dimension yang dirilis oleh sepsis records bulan april lalu. Tanpa banyak berbasa basi saya akan sedikit membedah album yang digawangi oleh Botax (Vocal), Reo (Guitar), Michael Perwira (Guitar), dan Guz Cilik (drum) ini.

Kalau band – band pada umumnya menggunakan intro sebagai track pembuka, trojan tanpa berpikir panjang langsung menghajar gendang telinga dengan “re-fallen race”. Beat-beat guitar djent mendominasi aransemen musik di track pertama album archaic dimension, tempo cepat masih terasa dengan pukulan blasting drum guz diiringi hentakan double pedal yang cukup memberi semangat menggebu-gebu dan tepat ditengah-tengah track trojan sedikit menurunkan tempo permainan untuk menikmati suasana headbang lewat aroma-aroma musik djent. “Delusi Binasa” masih setia membinasakan kuping-kuping saya dengan sayatan musik death metal dikombinasikan teknik gitar djent, seperti yang sudah saya bilang dari awal jika di album ini cukup banyak perubahan bahkan untuk karakter vocal sendiri botax tidak banyak menggunakan guttural seperti di album perdana mereka and menuju ending track kedua ini trojan kembali menurunkan tempo. “Cerebral Annihilation” sedikit santai untuk beberapa detik awal track ketiga ini sebelum blasting drum guz mematikan indra pendengaran saya, tidak seperti track sebelumnya di track ini sedikit racikan nada melodi diselipkan sebagai penambah cita rasa cerebral annihilation. Track ke-empat kalian bakal dihajar aransemen lebih sadis melalui lagu “Blackness begins”, permainan technical guitar menyempurnakan track ini dan ditengah-tengah lagu ini emosi botax sangat terasa. “Ritual Deception As A Prophet I” tidak cukup banyak kejutan yang dirasakan ditrack ini, blasting drum yang stabil, riff-riff gitar tempo cepat dan tetap easy listening ditelinga saya. Akan tetapi track ini merupakan track yang sangat lama yaitu berdurasi 8 menit, berbeda dari track-track sebelumnya. Masuk menit ke 5, trojan menyuguhkan permainan santai sejenak untuk sedikit meregangkan otot-otot sampai track ke-lima ini berakhir dan dilanjutkan “Ritual Deception As A Prophet II” dan seperti biasa aransemen musik djent mereka mainkan mulai ditengah-tengah track kemudian dikombinasikan hantaman guitar melodi dan dilanjutkan nada-nada hening seketika sebelum death metal with djent combine meracuni kuping kalian sampai akhir lagu ini. “Hypokreator” masih memanjakan telinga, irama melodi santai nan memikat kuping tersaji beberapa detik kemudian dilanjutkan petikan bass oleh michael dan suara vocal oleh botax. “Mythology” track tanpa instrumen hanya suara mencekam dibelakangi sound-sound lalat menyetubuhi bangkai mayat selama 1 menit. Jelang akhir – akhir track album ini, “Archaic Dimension” kembali mencabik-cabik isi telinga dengan beat-beat djentnya yang sangat kental terasa serta tidak lupa pula permainan melodic guitar mereka sisipkan.

Well done tadi sedikit ulasan dari kuping saya mengenai album kedua milik trojan dengan title “Archaic Dimension”, secara garis besar album ini banyak diracuni nada-nada djent milik meshuggah. Blasting drum mematikan diiringi hentakan double pedal nan cepat, riff-riff gitar djent dan beberapa melodi terasa dibeberapa track album ini. Untuk cover art keren yang terpampang jelas tersebut mereka menyerahkan pengerjaan cover dikerjakan oleh artworker bernama reyhanz, dan untuk mixing and mastering trojan menyerahkan semuanya kepada toteng forgotten. Album ini sangat direkomendasikan sekali buat kalian para penggemar musik – musik djent yang terinfluence seperti meshuggah. Don’t forget I will say thanks for awesome manager from trojan Gayod jasta and trojan member for awesome material in archaic dimension.

Track List
1. Re-Fallen Race  
2. Delusi Binasa  
3. Cerebral Annihilation  
4. Blackness Begins  
5. Ritual Deception As A Prophet I  
6. Ritual Deception As A Prophet II  
7. Hypokreator  
8. "Mythology"  
9. Archaic Dimension  
10. Reality In Chaos

Band : Trojan
Album : Archaic Dimension
Asal : Bali
Label : Sepsis Records
Code : SR007
Rate : 9/10

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search