Minggu, Mei 17, 2015

Review Album : Abgotter - Rebeligion

Blackened death metal mungkin satu diantara ribuan metalhead yang tersebar dimana-mana masih jarang menggunakan konsep seperti ini dalam bermusik, tapi tidak bagi para pemuda nan berbahaya asal jakarta timur yang terbentuk menjadi sebuah band bernama Abgotter. Abgotter sendiri berisikan Fajrin Nitpraja (Vocal), Alexi Chio Saarin (Gitar 1), Luthfi Hawari (Gitar 2), Danan Wibowo (Bass) dan Qory Ariyanto (Drum) formasi tersebut merupakan formasi solid mereka sejak 2013 hingga sekarang. Rebeligion menjadi title album pertama mereka setelah sebelumnya mereka sudah mengeluarkan promo yang berisikan track seperti pierced from soul dan perlu kalian ketahui nama Abgotter berasal dari bahasa jerman yang artinya Dewa Diantara Para Dewa Berhala. Rebeligion merupakan album yang berisikan tentang hubungan antara tuhan dan manusia, sebagai seorang pemberontak agama. Dalam album perdana ini, anda akan menemukan nuansa atmosperik gelap yang mencekap, diikuti dengan dentuman tempo drum yang variatif dan tempo yang berubah-ubah, pemilihan nada-nada gitar yang harmonis dan gelap, serta  lirik-lirik vokal bertema pemberontakan. 

“Enter the Adamantine Gates (intro)” mengawali perjumpaan saya menuju track – track gelap selanjutnya, intro gelap dengan nada-nada gitar ala behemoth ini cukup menjadi simbol kegelapan bagaimana materi berikutnya yang tertuang dalam “Such as Illusion”. Sedikit berisik pada petikan gitar pertama, menurut telinga saya suara gitarnya terlalu over hingga tidak balance dengan instrument lainnya tapi tidak berjalan lama permasalah itu dapat teratasi. Mengacu pada benang merah mereka bahwa mengusung genre blackened death metal sudah pasti kita akan dihantarkan pada aransemen musik black metal, masuk menit ke 2 Alexi chio unjuk gigi dengan memainkan melodi – melodi gitar sadis. “Datang Hidup Hanya Untuk Mati” artikulasi pengucapan lirik yang sangat jelas terdengar ditelinga sangat memberi nilai plus bagi band ini selain susunan part-part tiap instrument yang tidak saling kebut-kebutan. Tempo down hingga up dengan blasting drum rapi menyetubuhi telinga saya di track ketiga ini, and beberapa detik melodi alexi chio kembali terdengar. Nuansa black metal kental terasa di awal-awal track “Paradigma Aliansi Suci”, dalam track ini abgotter lebih banyak menggunakan tempo down pada sisi gitar, dan seperti biasa chio masih betah unjuk kebolehan di track ini. “The God You Praise, Maybe Yourself” arus permainan abgotter kembali deras lewat blasting drum qory lebih jahat dari track sebelumnya. Selanjutnya tanpa basa – basi hentakan maut dari berbagai instrument menerkam begitu saja ketelinga lewat beat-beat cepat abgotter yang berjudul “Pierced From Soul”. Santai sejenak beberapa saat bersama “Belantara Neraka Dunia” pada detik-detik awal sebelum dilanjutkan hyperblasting rapat dengan riff-riff gitar yang sangat cepat juga perpindahan bar per bar, mulai tengah-tengah lagu aroma black metal down tempo kembali diperdengerkan dan alexi chio tidak lupa menempatkan part-part melodinya dalam track belantara neraka dunia ini.

Well secara garis besar and keseluruhan dari track – track yang ada di album rebeligion ini sarat akan nuansa gelap black metal ala behemoth yang dihiasi melodi-melodi ringan oleh alexi chio serta permainan drum yang sangat variatif temponya, dan artikulasi yang sangat jelas terdengar oleh sang vokalis. Tapi saya sedikit menyayangkan jika banyak riff-riff gitar black metal kelam seperti behemoth banyak ditempatkan, maka sangat wajar jika abgotter dianggap sebagai behemothnya jakarta timur. Mungkin next materi abgotter saya harap dapat menemukan permainan yang lebih fresh dengan tidak meninggalkan genre yang mereka sepakati yaitu blackened death metal. Untuk cover art sendiri sangat pas sekali dengan musik abgotter, dan bvllmetalart sukses mengeksekusinya. Don’t forget I will say thanks for andre sickness atas lahirnya rilisan debut album penuh pertama label miliknya.

Track List
1. Enter the Adamantine Gates (intro)
2. Such as Illusion
3. Datang Hidup Hanya untuk Mati
4. Paradigma Aliansi Suci
5. The God You Praise, Maybe Yourself
6. Pierced from Soul
7. Belantara Neraka Dunia
8. Rebeligion

Band : Abgotter
Album : Rebeligion
Asal : Jakarta Timur
Label : Sickness Prod.
Code : SPCD-003-2015
Rate : 8.5/9

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search