Jumat, April 03, 2015

Review Album : This Spring Of Death - Ouroboros

Sedikit menelusuri band yang telah menelurkan debut album pertamanya bertajuk Ouroboros pada valentine day lalu ini ternyata telah terbentuk sejak 2008 dengan formasi Muhammad Aip (Guitar), Tommy (Vocal), Adzi (Bass), Wandy (Drum), dan Gery (Guitar) namun line up awal tersebut tidak bertahan lama, 2 tahun setelahnya harus bongkar pasang line up dengan hanya menyisakan aip dan tommy. Kini sejak 2010 hingga saat ini line up dari This Spring of Death adalah Tommy (vocal), Aip (guitar), Rifal (Bass), dan Boby (drum). Butuh waktu 7 tahun untuk mereka menghasilkan karya yang dikemas dalam bentuk album penuh dan puncaknya 14 februari kemarin mereka memuntahkan debut album perdana bertitlekan Ouroboros yang dirilis melalui label Extreme soul production sebagai rilisan ke 15 dari label milik kang iwan tersebut. Tanpa panjang lebar, saya akan sedikit mengulas tentang ouroboros kepada kalian sebagai bahan refrensi sebelum memiliki cdnya.

Langkah pertama sebagai intro kalian akan disuguhi dengan track berjudul “Revelation”, intro yang berdurasi 57 detik tersebut menjadi langkah baik sebelum telinga kalian akan ditampar dengan “The Antagonist”. Riff-riff aransemen technical dicampuri sedikit nuansa brutal death easy listening menguasai tiap detik track kedua, blasting tanpa ampun mendominasi dengan sentuhan sedikit melodi and pada intinya gempuran blasting kejam dari boby siap menghajar dari awal sampai akhir track the antagonist. “Masokisme” masih pada karakteristik yang sama, pukulan blasting yang rapat namun tetap teratur masih mendominasi part – part yang ada. Vokal growl dibackgroundi nada-nada exhale seakan mereka memiliki dua vokalis dalam band. “Fractured Divinity” menjadi track ke empat yang cukup berbahaya dimana jelang akhir track aip menghajar otak dan pendengaran saya dengan permainan technical guitar yang dia kuasai. After burn your brain and your ear, saatnya rileks sejenak mendengarkan alunan guitar accoustic from aip dalam track “Ouroboros”. Sedikit koreksi bagi band, materi kelima ini terlalu banyak part-part kosong setelah permainan akustik gitar selesai jadi sedikit boring menunggu track selanjutnya. Cukup rileks sesaat, its time for burning mosphit area again with “At The Throne Sanctity” materi ke enam ini dipertengahan lagu hyperblasting sedikit jarang terdengar dan aransemen gitar blackened death metal terlintas ditelinga saya. Semakin menujut klimaks pada album ini “Powerless soul” sepertinya ini menjadi titik kekuatan semua personil tercurahkan. Riff-riff gitar berpindah dengan cepat yang dibaluti technical, blasting drum yang lebih rapat dari track sebelumnya dan penghayatan pengluaran nada vocal tommy juga sangat powerfull seperti judul lagunya. 

Beberapa track tadi saya gambarkan sebagai bahan review dari album ouroboros milik this spring of death. Ada beberapa kejanggalan bagi saya setelah mengetahui bahwa tracklist yang ada pada original cd dan yang ada di cover belakang cd berbeda penyusunan tracklistnya, entah ini ketidak sengajaan ataupun sengaja saya tidak tau pasti. Tapi, secara keseluruhan 9 track dalam album ouroboros ini sangat catchy dengan kualitas sound apik yang ditangani oleh Toteng dan selain itu aransemen tiap – tiap part materi yang ada cukup easy listening dengan sentuhan death metal dikombinasikan beat-beat technical with hyperblasting tanpa ampun menghajar kuping. Menatapi segi cover art dengan objek seperti naga yang melingkar menjadi pintu masuk manusia dan diawasi oleh dua anjing ganas kiri kanan berhasil dieksekusi oleh tangan hebat karya reyhan. Seperti biasa, saya akan memberikan sample song dari album ourobors untuk kalian menilai sendiri bagaimana musikalitas serta aransemen mereka di album tersebut.

Track List
1. Revelation
2. The Antagonist
3. Masokisma
4. Ouroboros
5. Fractured Divinity
6. The Pilgrimage
7. At the Throne Sanctity
8. Powerless Soul
9. When Thousand Sinsthat Embrace

Band : This Spring Of Death
Album : Ouroboros
Asal : Bogor
Label : Extreme Soul Production
Code : ESPR 015
Rate : 8.5/10

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search