Rabu, April 03, 2024

Kolaborasi kembali Bersama Debby Ibnu, Abigel Project Rilis Single Terbaru Berjudul "Legenda Balahindang"


Abigel Project, sebuah grup musik asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, beranggotakan Pudhal dan Azis, setelah setahun vakum tanpa merilis karya, terakhir kali meluncurkan singel berjudul "Bumi Ruhui Rahayu" pada tahun 2023, bekerjasama dengan penyanyi lokal, Debby Ibnu.

Kali ini, kami kembali merilis singel berjudul "Legenda Balahindang" yang masih melibatkan kolaborasi dengan Debby Ibnu. Dalam proyek ini, kami didukung oleh rekan-rekan band Abigel Project, yaitu Iky di Drum, dan Rizal Ingut di Gitar 2. Dalam lagu ini, kami menggunakan bahasa daerah Banjar. Kami mengemas musik daerah dengan sentuhan distorsi otentik, elektronik,  serta perpaduan gemelan banjar dan orkestra. Oleh karena itu, kami menyebutnya sebagai genre eksperimental, dengan tujuan agar generasi muda dapat lebih menerima lagu daerah. Di zaman sekarang, pemuda di daerah kami kurang familiar dengan lagu-lagu daerah, kami ingin membawa inovasi baru.

Proyek ini merupakan karya independen yang dibuat dengan ketulusan hati. Mulai dari produksi hingga pasca produksi, kami melakukannya secara mandiri. Untuk pembuatan video musik, kami dibantu oleh Nizami dan didukung oleh gerakan kolektif lokal, Sort Connection.

Dalam pembuatan artwork lagu ini, kami dibantu oleh perupa asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, yaitu Aisya Fahriah atau sering disapa Ais. Ais juga membantu kami dalam pembuatan property untuk produksi video klip.

"Legenda Balahindang" diangkat dari cerita rakyat yang turun-temurun di masyarakat Kabupaten Tapin. Cerita ini adalah dongeng pengantar tidur yang konon merupakan asal usul terbentuknya Sungai Tapin, sungai yang membelah kota Rantau. Cerita ini diadaptasi menjadi sebuah karya baru berbahasa Banjar dalam balutan musik modern, dengan harapan kisah ini akan terus dikenal dan diingat. Legenda Balahindang juga menjadi misi kami untuk meluruskan cerita, mengingat masih banyak kebingungan antara cerita Balahindang dan cerita tentang Si Rintik dan Si Ribut.

Dalam video klip tersebut, menceritakan sepasang suami istri yang sedang mencari ikan di sungai, namun tak kunjung mendapatkannya. Yang mereka dapatkan malah telur naga. Untuk melihat lebih lanjut, kunjungi: https://www.youtube.com/watch?v=tuqHg333dn8 . Untuk mendengarkan lagu ini di platform digital, silakan klik di sini: https://songwhip.com/abigelproject/legenda-balahindang

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search